Sebelumnya
Selanjutnya
  • Sejarah Sejarah
  • Populer
  • Terakhir

    Facebook
    Locate A Dealer

Logo Chevrolet mungkin saja diinspirasikan oleh selembar wallpaper. Atau mungkin juga tidak

Logo Chevrolet bowtie — diperkenalkan oleh salah satu pendiri perusahaan William C. Durant pada akhir tahun 1913 — merupakan salah satu logo yang paling dikenal di dunia saat ini. Tapi, muncul banyak cerita mengenai bagaimana simbol tersebut akhirnya menjadi identik dengan brand ini. 

Terinspirasi oleh sebuah wallpaper di sebuah hotel Perancis?

Cerita versi Durant mengenai logo tersebut akhirnya diterima dan menjadi terkenal. Cerita yang sudah lama dipercaya dan dikonfimasi oleh Durant sendiri adalah bahwa logo tersebut terinspirasi dari sebuah desain wallpaper di sebuah hotel di Paris.

Menurut The Chevrolet Story pada tahun 1961, sebuah publikasi resmi perusahaan yang dikeluarkan dalam rangka perayaan ulang tahun Chevrolet ke-50:

"Logo ini berasal dari imaginasi Durant. Saat ia sebagai seorang wisatawan dunia pada tahun 1908, ia melihat pola berbaris tanpa ujung di sebuah wallpaper di sebuah Hotel Perancis. Ia merobek sebagian kecil dari wallpaper tersebut dan menyimpannya untuk ditunjukkan kepada teman-temannya, dengan pikiran bahwa gambar tersebut akan bagus untuk menjadi papan nama sebuah mobil."

Namun, muncul banyak versi cerita yang bertentangan dan setiap cerita tersebut cukup masuk akal sehingga semakin memperdalam misteri yang ada dan mengindikasikan bahwa cerita ini tidak akan pernah terselesaikan. Dua alternatif cerita lainnya berasal dari keluarga Durant sendiri. 

Atau mungkinkah logo tersebut berasal dari sebuah sketsa sederhana di atas meja makan? 
 

Pada tahun 1929, Margery, anak perempuan Durant, menerbitkan sebuah buku berjudul, "My Father". Di dalam buku tersebut, ia mendeskripsikan bagaimana Durant terkadang menggambar rancangan papan nama pada sebuah kertas di atas meja makan: "Sepertinya pada suatu malam saat ia sedang makan sup dan ayam goreng, ia menggambar sketsa rancangan yang sampai saat ini digunakan sebagai logo mobil Chevrolet."

Mungkinkah logo tersebut dipinjam dari sebuah iklan koran? 

Lebih dari setengah abad kemudian, sebuah cerita asal logo bowtie mulai muncul pada tahun 1986 dalam sebuah Chevrolet Pro Management Magazine, berdasarkan wawancara yang berusia 13 tahun dengan mantan istri Durant, Catherine. Ia mengingat bagaimana ia dan suaminya berlibur di Hot Springs, Virginia, pada tahun 1912. Pada saat sedang membaca sebuah koran di kamar hotel mereka, Durant melihat sebuah desain dan berteriak, "Sepertinya gambar ini akan sangat cocok untuk logo Chevrolet." Namun, sayangnya, Mrs. Durant tidak mengklarifikasi gambar tersebut atau bagaimana gambar tersebut digunakan dalam koran itu.

Sepotong informasi tersebut menginspirasikan Ken Kaufmann, seorang sejarahwan dan editor "The Chevrolet Review", untuk mencari kebenarannya. Pada tanggal 12 November 1912, pada edisi koran "The Constitution", yang dipublikasikan di Atlanta, Southern Compressed Coal Company memasang sebuah iklan untuk "Coalettes," produk bahan bakar berkualitas untuk api. Logo Coalettes, seperti yang dipublikasikan dalam iklan tersebut, mempunyai bentuk bowtie yang miring, yang sangat mirip dengan bentuk yang menjadi logo Chevrolet sekarang ini. Apakah Durant dan istrinya melihat iklan yang sama atau logo lain yang mirip – dikeluarkan tahun berikutnya yang berjarak beberapa negara bagian di sebelah utara? Tanggal edisi koran tersebut hanya berbeda sembilan hari setelah penggabungan Chevrolet Motor Company. 

Teori bendera Swiss. 

Penjelasan lain berhubungan dengan rancangan yang merupakan versi lebih bergaya dari tanda palang di bendera Swiss. Louis Chevrolet lahir di La Chaux-de-Fonds, Swiss, Canton of Neuchâtel, dari orang tua yang berdarah Perancis pada Hari Natal 1878.  

Versi cerita manapun yang benar, dalam beberapa tahun, bowtie muncul sebagai logo Chevrolet yang pasti. Edisi The Washington Post pada tanggal 2 Oktober 1913 merupakan contoh awal penggunaan logo tersebut dalam iklan Chevrolet. "Carilah papan nama ini" seruan di atas logo tersebut. Itulah yang dilakukan oleh semua pelanggan di seluruh dunia sejak saat itu. 

Logo bowtie saat ini: Emas Menjadi Standar.

Banyak variasi dalam warna dan detil dari logo Cherolet bowtie telah datang dan pergi selama beberapa dekade sejak pertama diperkenalkan pada tahun 1913. Namun, bentuk dasarnya tidak pernah berubah. Pada tahun 2004, Chevrolet memulai tahap baru dengan bowtie emas yang sekarang menjadi identitas merek dagang untuk semua mobil dan truk yang dipasarkan secara global.